Bersiap Silaturahmi Lebaran Pakai Sepeda Motor? Jangan Lupa Lakukan Peregangan Otot

Bersiap Silaturahmi Lebaran Pakai Sepeda Motor? Jangan Lupa Lakukan Peregangan Otot

Sunforthotel.com – Mudik Lebaran 2022 sudah di depan mata. Program pemberangkatan ke kampung halaman digelar cuma-cuma, tanpa perlu berbayar. Bahkan sepeda motor juga bisa ikut dipaketkan sehingga tiba di lokasi bisa mengaspal langsung.

Di sisi lain, bisa saja keinginan untuk mudik menunggang sepeda motor kesayangan mencuat kuat. Pasalnya sudah tidak lama mengalami kejadian mudik seperti ini, terkait pandemi COVID-19.

Read More

Baik naik motor untuk silaturahmi di area kampung halaman atau mudik jarak jauh, Adi “Jotos” Sucipto, instruktur PT Wahana Makmur Sejati–perusahaan yang memasarkan¬† produk Honda roda dua–menyatakan pentingnya pemanasan fisik sebelum bermotor.

Ilustrasi cek tekanan ban motor [Shutterstock].

Dikutip dari kantor berita Antara, para pemudik yang akan menggunakan sepeda motor disarankan melakukan pemanasan terlebih dahulu. Meski sepele namun memberikan manfaat yang banyak dalam kegiatan berkendara.

Baca Juga:
Mudik Lebaran 2022: Jangan Lupa Pasang Aplikasi Pabrikan Mobil dan Layanan Bengkel

“Alangkah baiknya para pengendara sebelum melakukan perjalanan, mereka melakukan peregangan atau pemanasan tubuh. Hal itu guna untuk melancarkan peredaran darah yang mengalir ke otak, agar oksigen yang ada di dalam otak bisa berfungsi dengan baik yang nantinya ketika berkendara si pengendara tetap fokus,” ungkap Adi Jotos.

Ilustrasi peregangan. (Shutterstock)
Ilustrasi peregangan dan pemanasan tubuh (Shutterstock)

Selain itu, para pengendara juga harus memperhatikan kondisi tubuh mereka dan tidak memaksakan untuk meneruskan perjalanan dengan tubuh yang tidak fit. Hal itu, tidak saja memberikan dampak bahaya kepada diri sendiri melainkan orang lain di jalan raya.

Berikut tips persiapan berkendara naik motor saat mudik Lebaran 2022 dari Adi Jotos:

  • Lakukan pemanasan fisik sebelum melakukan perjalanan bermotor.
  • Agar selalu tetap konsentrasi dalam berkendara, pastikan beristirahat setiap dua jam sekali.
  • Bila merasa mengantuk, lebih baik tidur sampai kondisi badan benar-benar tidak lelah lagi.
  • Selain memperhatikan kondisi tubuh, para pengendara juga wajib membawa barang yang diperlukan saja. Karena fungsi dari motor ini sangat berbeda dengan kendaraan roda empat yang sanggup menampung banyak barang.
  • Dengan memperhatikan barang bawaan ketika menggunakan motor, para pemudik juga mendapatkan kenyamanan dan juga keamanan yang lebih ketika dalam perjalanan.
  • Perhatikan riding gears untuk segi keamanan. Mulai pakai helm, jaket, celana panjang, sarung tangan dan sepatu. Peralatan ini untuk mengurangi cedera fatal ketika terjadi kecelakaan.
  • Pelajari rute dan persiapkan kendaraan yang nantinya akan diajak berjalan jauh.
  • Pastikan sepeda motor yang akan digunakan sudah terlebih dahulu diservis, termasuk ganti oli dan kampas rem depan dan belakang. Lakukan pengecekan lebih dari satu kali khususnya bagian pengereman serta kondisi ban.
  • Untuk mengatasi ban bocor dalam perjalanan, bawa cairan ban penambal sementara yang mampu mengatasi ban kempis terkena paku atau apapun.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Bersiap #Silaturahmi #Lebaran #Pakai #Sepeda #Motor #Jangan #Lupa #Lakukan #Peregangan #Otot

Sumber : www.suara.com

Related posts