Tips Cara Merawat Knalpot Motor Knalpot

Tips Cara Merawat Knalpot Motor Knalpot

Sunforthotel.com – Knalpot adalah salah satu bagian penting dari sepeda motor. Fungsinya banyak dan krusial. Karenanya pengetahuan akan cara merawat knalpot sangat penting diketahui para pemilik roda dua.

Read More

ā€¯Pengguna sepeda motor perlu memahami fungsi knalpot dan perawatannya sehingga dapat menjaga kondisinya selalu baik,” kata Muslian, Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis (25/3/2022).

Muslian membeberkan ada empat langkah merawat knalpot motor, yakni sebagai berikut:

  1. Melumasi lubang silencer dan leher knalpot dengan oli
    Melumasi oli secukupnya pada lubang silencer dan leher knalpot bermanfaat untuk menghindari kebocoran pada area silencer yang diakibatkan oleh karat dan kemudian bisa menjaga agar suara knalpot tidak berisik.
  2. Membersihkan leher knalpot
    Membersihkan leher knalpot bisa dilakukan dengan cara mengoleskan oli pada leher knalpot lalu nyalakan motor hingga oli panas dan meresap.
  3. Rutin cek kondisi knalpot
    Langkah ini penting dilakukan untuk mengetahui apakah terjadi kebocoran atau tidak. Juga pastikan baut pada knalpot tidak kendor.
  4. Membersihkan knalpot
    Membersihakn knaltpo yang terkena air hujan juga penting untuk mencegah terjadi karat, karena air hujan yang mengandung asam dapat membuat knalpot berbahan besi berkarat.

Knalpot sendiri memiliki setidaknya empat fungsi penting. Pertama adalah mengurangi suara bising dari ruang bakar. Proses pembakaran sendiri menghasilkan suara ledakan yang oleh knalpot diredam.

Baca Juga:
Tak Hanya Sekedar Pelengkap, Knalpot Motor Ternyata Juga Perlu Dirawat

Kedua, menurunkan tekanan gas buang. Hasil pembakaran menghasilkan tekanan yang harus dibuang, semakin minim hambatan pada knalpot maka aliran gas buang akan semakin baik sehingga tenaga akan optimal, karena tidak ada gas buang yang ikut terbakar kembali.

Berikutnya adalah melepaskan panas yang dihasilkan mesin dari proses pembakaran. Terakhir mengurasi kadar emisi gas buang berbahaya. Karenanya knalpot biasanya dilengkapi dengan ruang atau chamber gas buang yang dilengkapi catalytic converter, yang mengonversi emisi menjadi gas yang ramah lingkungan.



#Tips #Cara #Merawat #Knalpot #Motor #Knalpot

Sumber : www.suara.com

Related posts