Cara dan Biaya Buat SIM C: Begini Syarat dan Langkah-langkahnya

Cara dan Biaya Buat SIM C: Begini Syarat dan Langkah-langkahnya

Sunforthotel.com – Setiap pengendara motor yang sudah berusia di atas 17 tahun wajib mengantongi SIM C. Sebelum membuatnya, diperhatikan syarat dan biayanya. Lantas, berapa biaya buat SIM C dan apa saja syarat-syaratnya? Mari simak penjelasannya berikut ini.

Tak dapat dipungkiri, masih banyak orang yang masih awam mengenai apa saja syarat pembuatan SIM C dan berapa harganya. Diketahui syarat dan biaya untuk membuat SIM C ini berbeda dengan SIM A. Adapun syarat dan biaya buat SIM C yaitu sebagai berikut:

Read More

Syarat Buat SIM C

  • Minimal usia 17 tahun
  • Memiliki KTP
  • Surat keterangan sehat dari dokter
  • Bisa baca tulis

Biaya Buat SIM C

Baca Juga:
Jarang Digunakan, Motor Ini Jadi Sarang Tikus saat Dibongkar di Bengkel

Diketahui, yntuk biaya pembuatan SIM C baru sebesar Rp100.000 dan untuk perpanjangan dikenai biaya Rp75.000. Pembiyaan tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah No 60 Th 2016 mengenai Jenis & Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kepolisian Negara RI (Republik Indonesia).

Setelah mengetahui syarat-syarat dan berapa biayanya, Anda bisa lanjutkan dengan langkah-langkah bisa secara offline maupun online seperti di bawah ini.

Kartu Surat Izin Mengemudi atau SIM C. [Foto: korlantas.polri.go.id]

Cara Buat SIM Offline

1. Datang ke Polres/Polresta terdekat2. Menyiapkan dokumen (foto 3×4, fotokopi KTP, dan surat keterangan sehat dari dokter)

Untuk surat keterangan sehat, Anda akan memperolehnya di masing-masing tempat yang sudah ditentukan oleh Polres/Polresta. 

Baca Juga:
Mayoritas Pemasok Utama Industri Otomotif Indonesia Optimistis Akan Masa Depan

3. Mengisi formulir pendaftaran dilengkapi pas foto dan fotokopi KTP



#Cara #dan #Biaya #Buat #SIM #Begini #Syarat #dan #Langkahlangkahnya

Sumber : www.suara.com

Related posts