6 Fakta MotoGP Mandalika 2022, GP Perdana di Indonesia Sejak 1997

6 Fakta MotoGP Mandalika 2022, GP Perdana di Indonesia Sejak 1997

Sunforthotel.com – Indonesia sukses menggelar MotoGP Mandalika 2022 akhir pekan lalu. Di tengah sorotan dunia, Indonesia mampu menyajikan balapan yang lancar dan memunculkan Miguel Oliveira sebagai pemenang perdana di kelas MotoGP di sirkuit tersebut. Selain serunya balapan, MotoGP Mandalika turut menyuguhkan sejumlah sensasi dan drama. Berikut fakta-fakta MotoGP Mandalika 2022:

1. Tembus 100.000 Penonton

Read More

Balapan perdana grand prix di Indonesia sejak 1997 itu langsung meraih sukses besar dalam hal jumlah penonton. Tercatat, MotoGP Mandalika 2022 berhasil menyedot pengunjung hingga 100.000 orang! Jumlah ini berdasarkan tiga hari rangkaian MotoGP Mandalika 2022. Dalam balapan puncak yang berlangsung Minggu (20/3/2021), penonton pun menunjukkan antusiasme dengan setia menunggu balapan sampai hujan deras berhenti.

2. Pawang Hujan Curi Perhatian

Baca Juga:
Heboh Rara Istiani Wulandari, Ustadz Somad Ungkap Pawang Hujan Menurut Islam, Haram atau Boleh?

Rara, pawang hujan sirkuit Mandalika (Twitter.com/MotoGP)

Nama Rara Istiati Wulandari mendadak menjadi populer. Aksinya sebagai pawang di Sirkuit Mandalika memantik banyak pembicaraan di dalam hingga luar negeri. Ritual Rara saat sirkuit diguyur hujan mengundang keheranan sekaligus kekaguman para penonton balapan. Pembalap Fabio Quartararo bahkan sampai menirukan aksi sang pawang hujan di paddock-nya saat menunggu race dimulai. Terlepas sukses tidaknya Rara menghentikan hujan pada gelaran itu, aksinya mampu memberikan warna tersendiri di GP Mandalika.

3. Keakraban Oliveira dan Staf Hotel

Risman Staf Hotel Mandalika Viral, Sempat Prediksi Miguel Menang MotoGP (instagram/@richman_taye)
Risman Staf Hotel Mandalika Viral, Sempat Prediksi Miguel Menang MotoGP (instagram/@richman_taye)

Kisah emosional dan kerendahan hati juga muncul di GP Mandalika. Seusai meraih gelar, Oliveira sempat memberikan ucapan terima kasih pada Risman, seorang staf hotel di Lombok yang telah membantunya selama persiapan jelang balapan. Dia pun mendedikasikan kemenangannya untuk lelaki asal Lombok itu. “Saya ingin mendedikasikan kemenangan ini untuk Risman, staf hotel tempat saya menginap. Dia sangat percaya bahwa saya bisa meraih kemenangan di sini,” kata Oliveira. “Hei Risman, kemenangan ini untukmu,” sambungnya. Gestur Oliveira dan keramahan Risman dalam melayani sang pembalap menuai pujian banyak pihak.

4. Kecelakaan Horor Marc Marquez

MotoGP Mandalika 2022 tampaknya bukan menjadi keberuntungan bagi Marc Marquez. Digadang-gadang meraih gelar di seri kedua MotoGP, Marquez justru gagal mengikuti race setelah kecelakaan di sesi pemanasan. Pembalap Honda itu mengalami kecelakaan hingga terpelanting dari motornya. Dia pun harus dilarikan ke rumah sakit guna mendapat perawatan lebih lanjut. Kabarnya dia mengalami gegar otak. Kondisi ini memberi kesedihan kepada para penggemar Marquez yang sudah menantikannya di Mandalika.

Baca Juga:
Kepala Sedikit Benjol, Pria Ini Tetap Sumringah Berhasil Dapat Helm Aleix Espargaro

5. Kekecewaan Penonton

Tak hanya kisah menyenangkan yang disajikan GP Mandalika. Sejumlah cerita pilu juga mengiringi gelaran akbar tersebut. Seorang warga Jakarta bernama Andik tertunduk lesu saat dia gagal menonton balapan. Padahal dia sudah membeli tiket premium grand stand zone A senilai Rp2 juta. Dia gagal masuk sirkuit karena tiketnya sudah diambil orang. Hal itu diketahuinya saat hendak menukar bukti pembelian tiket dengan gelang fisik sebagai tanda masuk. Selain itu ada pula sejumlah penonton yang terlunta-lunta karena tak terangkut shuttle bus dari penginapan menuju sirkuit dan sebaliknya. Mereka akhirnya berjalan kaki karena tidak ada kejelasan mengenai penjemputan. Usut punya usut, jumlah armada tak sepadan dengan ribuan penonton MotoGP.

6. Lalu Lintas Macet Parah

MotoGP Mandalika menyisakan kemacetan parah usai balapan di sekitar Sirikuit Mandalika, Lombok, NTB. Kemacetan terjadi dari pintu barat maupun pintu timur, lokasi keluar penonton MotoGP. Mobil bahkan sempat sama sekali tidak bergerak. Sejumlah penonton kecewa karena kemacetan tidak terkendali. Padahal potensi kemacetan sebenarnya bisa diprediksi sebelumnya. Akibat kemacetan tersebut, kendaraan mengular hingga 3 kilometer.



#Fakta #MotoGP #Mandalika #Perdana #Indonesia #Sejak

Sumber : www.suara.com

Related posts