Tiga Pemicu Lampu Indikator Airbag Mobil Menyala

Tiga Pemicu Lampu Indikator Airbag Mobil Menyala

Sunforthotel.com – Lampu indikator pada dashboard berfungsi untuk memberi peringatan kepda pengemudi. Apabila satu lampu menyala, artinya sedang ada gangguan pada bagian tertentu mobil.

Read More

Misalnya, ini yang paling sering terjadi, lampu seatbelt menyala maka itu artinya pengemudi atau penumpang diminta untuk mengenakan sabuk keselamatan. Namun bagaimana jika lampu indikator airbag yang menyala?

Menurut Auto2000, jaringan diler resmi Toyota, lampu airbag menyala tiba-tiba sebenarnya merupakan gangguan yang sangat jarang terjadi. Lampu indikator ini mewakili SRS (Supplemental Restraint System) atau sistem pengamanan tambahan, termasuk di dalamnya airbag.

Apabila lampu indikator ini menyala, bukan berarti airbag akan terkembang. Karena lampu indikator tersebut memberi informasi bahwa terdapat gangguan pada perangkat keselamatan tambahan mobil, baik pada komponen airbag, seatbelt, sensor keselamatan, atau bisa juga sistem keamanan mobil.

Baca Juga:
Kampanye Keselamatan Mercedes-Benz Indonesia, Pastikan Tidak Ada Lagi Modul Airbag Takata

Kemungkinan pertama penyebab indikator airbag menyala tiba-tiba datang dari sistem seatbelt, tepatnya pada saklar. Bisa jadi, sedang ada gangguan pada saklar seatbelt. Fungsi dari saklar ini adalah untuk mendeteksi apakah sabuk pengaman telah terpasang atau belum.

Jika saklar seatbelt terganggu, maka lampu indikator airbag pun akan menyala. Gangguan tersebut bisa berupa benda asing atau kotoran yang menghalangi saklar dalam mendeteksi sabuk pengaman.

Kedua adalah masalah pada clock spring. Komponen clock spring menghubungkan unit pengaturan airbag dengan driver module yang terletak pada setir.

Komponen ini terpasang tepat di belakang setir. Jika indikator airbag menyala, ada kemungkinan kabel clock spring mengalami masalah. Hal ini bisa terjadi saat kemudi dibongkar dan kemudian terjadi kesalahan dalam pemasangan kembali. Untuk mengatasinya, kemudi harus dibongkar dan mengembalikan kabel clock spring pada posisi semula.

Terakhir adalah masalah sistem keamanan mobil sendiri. Mobil zaman sekarang kebanyakan tidak hanya dirakit dengan komponen mekanis dan kelistrikan, tetapi juga sistem komputer yang terdiri atas kode-kode rumit. SRS pun tersusun atas sistem tersebut.

Baca Juga:
Agar Semakin Banyak Nyawa Bisa Diselamatkan dari Kecelakaan Jalan Raya, India Wajibkan 6 Airbag

Bisa jadi ada kode komputer yang tidak sesuai, error, atau bahkan tidak berfungsi lagi. Untuk memastikannya, bisa datang ke bengkel resmi terdekat. Teknisi bengkel akan menggunakan alat khusus untuk mendeteksi apakah sistem komputer SRS pada mobil bekerja dengan normal atau tidak. Jika memang terdapat error, teknisi akan melakukan penyetelan ulang agar SRS normal kembali.



#Tiga #Pemicu #Lampu #Indikator #Airbag #Mobil #Menyala

Sumber : www.suara.com

Related posts