Saksikan Peluncuran Hyundai Ioniq 5, Presiden Tegaskan Terus Dorong Transisi ke Arah Mobil Listrik

Saksikan Peluncuran Hyundai Ioniq 5, Presiden Tegaskan Terus Dorong Transisi ke Arah Mobil Listrik

Sunforthotel.com – Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi menegaskan pemerintah menginginkan untuk segera melakukan transisi dari mobil mesin pembakaran menuju mobil listrik.

Menurut Pak Presiden, ke depan kendaraan listrik harus jadi moda transportasi utama. Termasuk jadi tumpuan untuk transportasi ramah lingkungan yang nantinya dikembangkan di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara.

Read More

“Kita ingin segera melakukan transisi besar-besaran dari mobil fosil ke mobil listrik yang ramah lingkungan,” ujar Jokowi saat menyaksikan peluncuran mobil listrik Hyundai Ioniq 5, dan meresmikan PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia¬† di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Rabu (16/3/2022).

Hyundai Ioniq 5, dengan logo dan tampilan grille [hyundai.com].

Jokowi menambahkan, Indonesia harus menjadi pemain penting dalam global suplai chain industri mobil listrik. Apalagi Indonesia memiliki sumber daya besar untuk mendukung industri mobil listrik.

Baca Juga:
Tak Dibolehkan Konvoi Bareng Rider MotoGP, Presiden RI Joko Widodo Langsung Merasakan Ini

Saat ini Indonesia memiliki nikel, cobalt sebagai material penting untuk material lithium. Bauksit yang bisa diolah menjadi aluminum dan kemudian dapat dimanfaatkan jadi kerangka mobil listrik, serta tembaga yang dibutuhkan untuk sistem kabel-kabel di mobil listrik.

“Hilirisasi bahan mentah kita, agar nilai tambahnya maksimal. Untuk menjadi kunci di kendaraan listrik kita perlu membangun ekosistem yang kuat. Tanpa ekosistem yang kuat di dalam negeri, kita akan sulit membangun industri mobil listrik,” kata Presiden Joko Widodo.

Kemudian dipaparkannya bahwa 2022 akan menjadi momen penting untuk pengembangan baterai lithium kendaraan listrik.

Beberapa investor siap mengolah nikel dan cobalt yang ada di Indonesia menjadi lithium baterai.

“Tahun 2024 mobil listrik yang diproduksi di Indonesia dan komponen lainnya sudah diproduksi di Tanah Air,” tutup Jokowi.

Baca Juga:
Rider MotoGP Konvoi, Berbusana Racing Suit Lengkap Jumpa Presiden RI Joko Widodo di Istana



#Saksikan #Peluncuran #Hyundai #Ioniq #Presiden #Tegaskan #Terus #Dorong #Transisi #Arah #Mobil #Listrik

Sumber : www.suara.com

Related posts