Mengenal Apa Itu Spul Motor, Simak Fungsi dan Deretan Hal yang Bisa Merusak Komponennya

Mengenal Apa Itu Spul Motor, Simak Fungsi dan Deretan Hal yang Bisa Merusak Komponennya

Sunforthotel.com – Dalam sistem kendaraan bermotor, energi listrik jadi salah satu hal yang krusial. Tanpanya, motor tak akan dapat beroperasi dengan baik. Nah, energi listrik ini dihasilkan oleh alat bernama spul motor. Penasaran apa itu spul motor? Anda bisa simak di sini!

Mengenal Apa Itu Spul Motor

Read More

Spul motor merupakan komponen berbentuk kumparan lilitan kawat tembaga yang memiliki inti lilitan. Kawat tembaga penyusun spul ini tak sama dengan spul lain, sehingga sifatnya unik dan jika rusak harus digantikan dengan jenis yang serupa.

Idealnya, semakin banyak lilitan kawat tembaga yang ada pada spul motor, maka tenaga yang dihasilkan juga akan semakin besar. Ini mengapa pada motor berkapasitas mesin besar, spul motor juga ukurannya akan sebanding.

Baca Juga:
Ini Daftar Ubahan yang Diterima New Honda Genio

Ilustrasi mesin motor. (instagram/@katakhuruhara_jogjakarta)

Fungsi Utama dari Spul Motor

Nah setelah memahami apa itu spul motor, mari melihat mengenai fungsi utama dari bagian ini.

Spul motor memiliki fungsi sebagai penghasil atau sumber tenaga listrik. Keberadaan spul motor akan menyuplai kebutuhan listrik yang dimiliki komponen sepeda motor.

Untuk bisa digunakan secara optimal, aliran listrik bolak-balik yang diproduksi harus dijadikan aliran searah terlebih dahulu. Komponen lain kemudian masuk dan mengambil peran tersebut, yang disebut dengan kiprok. Arus listrik yang sudah menjadi searah pada kiprok, dialirkan ke aki untuk diteruskan ke bagian yang memerlukan listrik.

Pemicu Kerusakan Bagian Ini

Baca Juga:
Toyota Berharap Diskon PPnBM DTP untuk Mobil Non-LCGC Bisa Berlanjut

Ada beberapa hal yang bisa memicu kerusakan pada spul motor. Secara singkat, dijelaskan dalam poin berikut ini.

  • Penggunaan kendaraan terus menerus, ketika hal ini terjadi, spul juga akan terus bekerja dan membuat usianya pendek. Ketika spul bekerja dan berputar, suhunya akan meningkat dan membuatnya lekas aus.
  • Menambahkan bagian yang membutuhkan listrik, namun melebihi daya yang bisa dihasilkan. Hal ini akan membuat spul bekerja lebih keras untuk mencapai daya yang diperlukan. Ketika permintaan daya tidak dapat dipenuhi, kerja spul tidak akan efektif, dan memicu kerusakannya.
  • Oli habis, seperti banyak bagian lain pada motor, spul bekerja dengan gerakan repetitif memutar. Tentu, tanpa kehadiran oli di dalam kerjanya, suhu dan keausan akan cepat terjadi. Jadi pastikan untuk senantiasa memastikan olinya tersedia.

Spul kotor karena debu yang bercampur air karena pemakaian harian.

Itu tadi, sedikit seputar apa itu spul motor, fungsi, dan apa yang dapat memicu kerusakannya. Semoga bermanfaat, dan selamat beraktivitas!



#Mengenal #Apa #Itu #Spul #Motor #Simak #Fungsi #dan #Deretan #Hal #yang #Bisa #Merusak #Komponennya

Sumber : www.suara.com

Related posts