Kerap Disebut-sebut oleh Kalangan Pencinta Otomotif, RPM adalah Singkatan dari Apa?

Kerap Disebut-sebut oleh Kalangan Pencinta Otomotif, RPM adalah Singkatan dari Apa?

Sunforthotel.com – RPM adalah Revolutions Per Minute atau ada juga yang mengartikannya sebagai rotasi per menit. RPM salah satu indikator penting dalam performa kendaraan. Oleh karena itu,  penting untuk mengetahui RPM agar Anda bisa lebih nyaman dalam berkendara.

Para pengguna kendaraan motor atau mobil, tentu udah tak asing lagi RPM yang ada pada bagian depan setir kendaraan. Di dunia otomotif, RPM ini tak pernah luput dibicarakan. 

Read More

Tulisan yang biasa muncul pada tachometer kendaraan ini mempunyai fungsi penting ketika Anda sedang berkendara. Untuk selengkapnya, simak berikut ini apa itu RPM dan fungsinya yang dilansir dari berbagai sumber.

Apa Itu RPM

Baca Juga:
Biar Ayang Tetap Aman, Begini Cara Bonceng Menyamping yang Tepat saat Naik Motor

Odometer, tachometer, dan speedometer sebuah motor. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

RPM adalah deretan angka yang memperlihatkan putaran poros engkol (crankshaft) mesin yang dihitung berdasarkan hitungan satu menit. Biasanya,  RPM ini memiliki petunjuk yang berbentuk lingkaran atau berbentuk busur lingkaran, yang mana di dalamnya ada angka-angka lengkap dengan jarum petunjuknya.

Alat penunjuk RPM adalah tachometer. Diketahui, bentuknya juga bermacam-macam, ada yang berbentuk digital adan juga yang manual, itu tergantung dari jenis kendaraannya.

Adapun angka meter tersebut menunjukan angka 0-10, yang mana masing-masing angka tersebut menunjukkan angka ribuan. Saat posisi jarum berada pada angka 3, itu artinya cranskshaft atau putaran poros engkol adalah 3.000 RPM. Angka tersebut jadi penentu performa mesin kendaraan.

Penting untuk mengetahui performa mesin lewat RPM, terutama bagi pengendara. Hal tersebut juga yang akan menentukan berapa banyak bahan bakar yang dikonsumsi. Semakin keras tenaga mesin yang digunakan tiap menitnya, semakin banyak pula bahan bakar yang digunakan mesin saat melakukan putaran.

RPM pada mobil idealnya berada di angka 2 atau 3, yang mana pada batas wajar kendaraan mobil tersebut menggunakan 2.000-3.000 RPM. Sedangkan pada RPM motor, idealnya RPM bergantung dari jenis motor yang digunakan. Umumnya, motor dengan CC standar berada dibangka antara 1.000-1.500 RPM dan 10.000-12.000 RPM saat motor dijalankan.

Baca Juga:
Viral Aksi Emak-emak Bikin Resah Penjaga Toko Sembako setelah Turun dari Mobil, Curi Beras dengan Cara Tak Terduga

Demikian informasi mengenai RPM dan spesifikasinya yang lengkap juga RPM idel pada kendaraan motor maupun mobil. Sebagai pengendara, penting untuk mengetahui hal ini agar lebih nyaman saat berkendara. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca. 



#Kerap #Disebutsebut #oleh #Kalangan #Pencinta #Otomotif #RPM #adalah #Singkatan #dari #Apa

Sumber : www.suara.com

Related posts