Intercom adalah Alat untuk Apa? Sobat Setia Pengunggang Motor Wajib Tahu

Intercom adalah Alat untuk Apa? Sobat Setia Pengunggang Motor Wajib Tahu

Sunforthotel.com – Intercom adalah peralatan komunikasi internal  (interkommunication device) yang berfungsi untuk komunikasi atau pemberitahuan secara terbatas. Interkom dikenal juga dengan sebutan intertelephone atau interphone.

Read More

Meski lebih sering menggunakan media suara, intercom bukanlah bagian dari keluarga telepon. Sebab, interxom lingkupnya internal. 

Mulanya, interxom tersambung menggunakan kabel Beudrat. Fungsi kabel ini sebagai perantara suara yang dapat terkirim serta diterima oleh masing – masing pengguna. 

Diketahui, perangkat komunikasi lainnya bisa juga digabungkan dengan intercom. Adapun perangkat komunikasi lain tersebut seperti telepon genggam, pesawat telepon, dan sejumlah perangkat lainnya yang tersambung ke listrik. 

Baca Juga:
Terlambat Bayar Pajak Sepeda Motor, Begini Cara Menghitung Dendanya

Saat ini, diketahui juga penggunaan intercom paling banyak dijumpai di perangkat komunikasi Handy Talkie (HT) yang kerap digunakan pekerja lapangan atau profesi lainnya yang butuh komunikasi lebih intens. HT juga mempunyai jangkauan lebih luas serta lebih banyak penggunanya.

Meskipun cara kerjanya terlihat jadul, namun  interxom ini rupanya masih banyak digunakan di era teknologi internet seperti sekarang ini. Selain dalam HT, interxom juga digunakan para pengendara bermotor. Adapun interkom tersebut diletakan di helm.

Hal tersebut membantu untuk mempermudah komunikasi antar pengemudi atau berfungsi sebagai navigasi GPS agar tak tersesat saat bepergian. 

Fungsi Intercom

Jika sudah mengetahui apa itu intercom, penting juga mengetahui fungsi dari interkom dalam kehidupan sehari-hari. Lantas, apa fungsinya? Adapun fungsi intercom adalah untuk mempermudah interaksi lebih mudah saat tak bisa tatap muka secara langsung.

Baca Juga:
Semakin Sporty, Yamaha GEAR 125 Muncul dalam Warna Baru

Selain itu, fungsi intercom lainnya yakni saluran komunikasi intercom lebih luas serta mudah diatur sesuai dengan kebutuhan. Beberapa pengguna bisa masuk di gelombang yang sama serta dapat bergantian untuk melakukan komunikasi.

Dalam lingkungan masyarakat, intercom masih sering digunakan. Bagaimana tidak, interkom dapat berfungsi sebagai media informasi guna membangun kerukunan social. 

Di lingkungan kantor, interxom juga sangat berguna karena mempermudah komunikasi sesama staff maupun pimpinan tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Sedangkan interxom pada helm motor yang digunakan saat berkendara, terlebih dulu interkom dihubungkan dengan ponsel Anda agar saat ada panggilan Anda bisa langsung menerimanya. Selain itu, memudahkan Anda juga dalam menggunakan GPS voice.

Pastikan intercom dalam mode ‘ON’ saat Anda mulai berkendara. Diketahui, ada juga interkom yang sudah dilengkapi action cam. Untuk harga interxom jenis ini cenderung lebih mahal.

Lantas, bagaimana cara menggunakannya? Untuk penggunaan umum atau masyarakat luas, cara menggunakannya mudah. Cukup tekan tombol ‘ON’ untuk menyalakan, lalu pilih saluran, setelah itu komunikasi sudah bisa dilakukan. 

Untuk perawatannya juga cenderung mudah. Anda bisa meletakannya di tempat paling aman agar tak mudah jatuh atau tersenggol. Selain itu, sering-sering bersihkan bagian luarnya menggunakan kain halus serta minyak pembersih. Pada bagian microphone, pastikan sering diberi deodorant khusus.

Demikian informasi mengenai apa itu intercom, fungsinya, dan cara menggunakannya. Semoga informasi ini bermanfaat dan mudah untuk dipahami oleh pembaca.



#Intercom #adalah #Alat #untuk #Apa #Sobat #Setia #Pengunggang #Motor #Wajib #Tahu

Sumber : www.suara.com

Related posts