Honda Kurangi Aktivitas Produksi di Dua Pabrik Jepang Sampai Akhir Maret

Honda Kurangi Aktivitas Produksi di Dua Pabrik Jepang Sampai Akhir Maret

Sunforthotel.com – Honda dikabarkan akan mengurangi produksi di dua pabrik mereka di Jepang sebesar 10 persen hingga akhir Maret.  Langkah ini diambil industri otomotif asal Jepang itu di tengah ketidakpastian geopolitik dan krisis chip semikonduktor global yang terjadi saat ini.

Harga minyak dan gas mungkin tidak terlalu berpengaruh terhadap produksi kendaraan secara langsung. Hanya, gas utama seperti neon dan kripton yang dipasok oleh Ukraina memainkan peran penting dalam mengembangkan microchip. Situasi ini dinilai seperti mimpi buruk bagi para produsen mobil.

Read More

Melansir Autoevolution, keputusan mengurangi aktivitas produksi sebenarnya bukan pertama kali dilakukan oleh Honda.

Dongfeng Honda Automobile Co., Ltd yang beroperasi di China. Sebagai ilustrasi produksi Honda  [AFP/STR]

Pada Maret 2021, perusahaan sebenarnya sudah memangkas produksi di semua pabrik Kanada dan Amerika Serikat karena krisis chip semikonduktor terjadi di seluruh industri, cuaca buruk, dan masalah rantai pasokan.

Baca Juga:
Sony dan Honda Sepakat Berkolaborasi Kembangkan Mobil Listrik, Dipasarkan Mulai 2025

Dan Honda bukan satu-satunya produsen mobil yang menghentikan produksi. Pekan lalu, Ford Motor Company juga melakukan tindakan senada untuk dua pabriknya di Amerika Serikat karena kekurangan microchip.

Menurut carmaker itu, dua pabriknya di Amerika Utara akan berhenti beroperasi minggu ini dengan tujuan memberikan lebih banyak waktu bagi lini produksi dalam memperbaiki persediaan suku cadang.

Sejumlah pelaku industri melihat bahwa kekurangan chip belum tentu berakhir tahun ini tetapi akan mereda menjelang akhir tahun.

Sementara beberapa analis menilai, krisis chip semikonduktor disebabkan pandemi COVID-19 secara global. Masalah ini diperkirakan masih akan terjadi karena meningkatnya permintaan akan teknologi yang membutuhkan chip semikonduktor.

Baca Juga:
Daftar Harga Baru Honda Brio Setelah Mendapat Insentif PPnBM DTP



#Honda #Kurangi #Aktivitas #Produksi #Dua #Pabrik #Jepang #Sampai #Akhir #Maret

Sumber : www.suara.com

Related posts