PT Inka dan Indosat Berkolaborasi Kembangkan Kereta dan Bus Listrik Cerdas

PT Inka dan Indosat Berkolaborasi Kembangkan Kereta dan Bus Listrik Cerdas

Sunforthotel.com – PT Industri Kereta Api atau PT Inka bekerja sama dengan PT Indosat Tbk dalam penyediaan transportasi cerdas yang akan digunakan dalam pertemuan G20 di Bali.

Read More

Direktur Pengembangan PT INKA (Persero) Agung Sedaju di Surabaya, Kamis (10/3/2022) mengatakan kerja sama dengan Indosat bersifat kolaborasi, dan bukan jual beli putus, sehingga sama-sama mendukung kemajuan teknologi nasional.

Ia mengatakan, kerja sama difokuskan pada dua proyek yang mendukung G20, yakni kereta cerdas yang akan beroperasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

“Untuk membuat kereta beroperasi dengan cerdas kami butuh kolaborasi dengan ahlinya, komunikasi data dan lain-lain, untuk itu kami mengajak Indosat bekerja sama,” kata Agung ditemui sebelum tanda tangan kerja sama di salah satu hotel di Surabaya.

Baca Juga:
Usai Gunakan Bus Listrik Tiongkok, TransJakarta Pertimbangkan Bus Buatan Inggris dan Indonesia

Kereta cerdas itu, kata Agung, akan beroperasi otomatis tanpa sopir, sehingga kereta langsung dikendalikan secara otomatis dan akan dikontrol oleh pusat kendali melalui teknologi 5G yang dimiliki Indosat.

Proyek yang kedua, kata dia, adalah bus listrik yang akan dioperasikan pada pelaksanaan G20 di Bali.

Bus itu, akan menggunakan teknologi 5G dari Indosat, untuk mengangkut tamu dan bisa dikontrol kondisi sopir, jumlah penumpang dan suhu badan melalui teknologi kerja sama dengan Indosat.

“Kamera dalam bus nantinya bisa melihat jumlah penumpangnya berapa dan suhu badannya berapa. Dan kami butuh Indosat untuk kerja sama tersebut,” katanya.

Agung mengapresiasi respons PT Indosat atas kerja sama dengan PT INKA, sebab kerja sama ini diharapkan akan menghasilkan produk bersama yang mendukung kemajuan teknologi bangsa.

Baca Juga:
Ini Rute 30 Bus Listrik TransJakarta yang Diluncurkan Anies Baswedan

“Kerja sama ini merupakan ‘pecah telur’ sebab kami telah menjajaki kerja sama serupa dengan Thailand dan Singapura. Namun, mereka hanya mau menjual dan tidak ingin pola kolaborasi,” kata Agung.



#Inka #dan #Indosat #Berkolaborasi #Kembangkan #Kereta #dan #Bus #Listrik #Cerdas

Sumber : www.suara.com

Related posts