Bermobil di Tengah Cuaca Ekstrem, Persiapkan Kendaraan dan Asuransi dengan Seksama

Bermobil di Tengah Cuaca Ekstrem, Persiapkan Kendaraan dan Asuransi dengan Seksama

Sunforthotel.com – Hujan dalam intensitas ringan, sedang, sampai lebat masih mewarnai keseharian berbagai wilayah di Tanah Air. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengimbau potensi cuaca ekstrem mungkin masih akan terjadi hingga akhir Maret atau April. Dengan situasi banjir, tanah longsor, hingga pohon tumbang.

Senada dipaparkan Laurentius Iwan Pranoto, Head of Communication and Customer Service Management Asuransi Astra dalam rilis resmi sebagaimana diterima Sunforthotel.com.

Read More

“Kita harus selalu waspada terhadap berbagai macam risiko yang mungkin dihadapi, terlebih bencana alam yang tidak dapat dihindari ataupun diprediksi. Dengan berasuransi, kerugian kendaraan dari bencana alam bisa terhindari karena asuransi memastikan di tengah ketidakpastian,” tandasnya.

Penanganan Garda Oto atas kendaraan di tengah cuaca ekstrem contohnya terdampak banjir [Dok Asuransi Astra].

“Bagi yang sudah mengasuransikan mobilnya dan ingin mendapatkan perlindungan yang maksimal terutama saat bencana alam, pastikan polis asuransi mobilnya sudah melakukan perluasan jaminan,” ujar Laurentius Iwan Pranoto.

Baca Juga:
Apresiasi Sinergi dengan Komunitas Mobil, Asuransi Astra Anugerahkan Garda Oto Community Award

Ia menambahkan, pada dasarnya risiko kendaraan akibat bencana alam termasuk pengecualian penjaminan sehingga tidak akan dicover oleh polis asuransi mobil standar. Hal tersebut tertulis dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) pasal 3 ayat 3.

Untuk itu, dibutuhkan langkah perluasan jaminan terhadap asuransi mobil yang telah dimiliki.

Selain asuransi, secara umum pengemudi dan kendaraan mesti mempersiapkan kegiatan berkendara dengan aman, terlindungi, dan tanggap, sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut adalah tips berkendaraan di musim hujan yang dibagikan Garda Oto, produk Asuransi Astra:

1. Pastikan pengemudi dalam keadaan fit

Baca Juga:
Dukung #IndonesiaLangitBiru Garda Oto Gelar Talk Show Gowes Sepeda

  • Menjalani aktivitas di luar rumah pada masa pandemi dan cuaca mensyaratkan kesehatan menjadi prioritas utama. Sebagai pengemudi harus memastikan tubuh dalam keadaan fit dan prima sebelum melakukan perjalanan.
  • Pastikan pengemudi tidak mengantuk, tidak dalam pengaruh alkohol, dan harus fokus.
  • Gunakan sabuk pengaman agar tetap aman di saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Dukung pula dengan layanan konsultasi dokter secara online dan asuransi kesehatan. Contohnya Garda Healthtech.

2. Pastikan kendaraan berfungsi normal

  • Dengan memutuskan menggunakan kendaraan pribadi untuk bermobilitas, sudah seharusnya mempertimbangkan kelayakan dan memastikan performa mobil dalam keadaan baik dan normal.
  • Pastikan bahan bakar mobil sudah terisi dalam batas aman, pengecekan rem, lampu sein, klakson, tekanan dan kondisi ban, serta wiper yang membantu pengendara di saat musim hujan seperti sekarang ini.
  • Siapkan pula e-Toll dengan nominal mencukupi.
  • Tidak memaksakan diri untuk menerjang cuaca ekstrem yang tengah terjadi. Bisa menunggu hingga sedikit mereda, agar terhindar dari berbagai risiko.
Siapkan berbagai tindakan preventif saat bepergian agar kendaraan dan perjalanan dapat selalu terlindungi dari berbagai risiko. Termasuk membawa tool-kita [Asuransi Astra].
Siapkan berbagai tindakan preventif saat bepergian agar kendaraan dan perjalanan dapat selalu terlindungi dari berbagai risiko. Termasuk membawa tool-kit [Asuransi Astra].

3. Pastikan berkendara dengan aman

  • Sebagai pengguna jalan umum sudah seharusnya memastikan keamanan untuk diri sendiri sekaligus sesama pengguna jalan lainnya.
  • Caranya mentaati peraturan lalu lintas yang berlaku seperti memastikan batas kecepatan normal, memastikan muatan mobil sudah sesuai peruntukan, mematuhi rambu lalu lintas, hingga menjaga jarak antar kendaraan agar dapat lebih mudah untuk menghindar saat terjadi hal-hal yang tidak bisa diprediksi.
  • Gunakan teknik berhitung tiga detik dengan menentukan patokan benda statis yang dilalui kendaraan di depan.

4. Pastikan kendaraan dilengkapi dengan perlindungan yang bisa diandalkan

  • Selain tindakan pencegahan dengan menerapkan berbagai etika berkendara, ada hal yang kerap terlewat. Yaitu risiko atas kendaraan saat diajak mengaspal dalam kondisi cuaca ekstrem.
  • Sebaiknya kendaraan kesayangan diberikan proteksi maksimal yang dapat meringankan beban saat risiko yang tidak diinginkan terjadi. Antara lain mendaftarkan ke asuransi mobil Garda Oto dengan perluasan jaminan mencakup ganti rugi atas situasi cuaca ekstrem.
  • Bagi yang sudah memiliki asuransi Garda Oto dan akan melakukan perluasan jaminan, bisa dilakukan secara online melalui Garda Mobile Otocare, menghubungi Garda Akses di nomor 1500112 yang tersedia 24 jam, maupun dengan mengunjungi langsung Garda Center atau kantor cabang Asuransi Astra terdekat.



#Bermobil #Tengah #Cuaca #Ekstrem #Persiapkan #Kendaraan #dan #Asuransi #dengan #Seksama

Sumber : www.suara.com

Related posts