Ilmuwan Mengungkap bahwa Touring atau Berkendara dengan Motor Bisa Menyehatkan Jiwa dan Raga

Ilmuwan Mengungkap bahwa Touring atau Berkendara dengan Motor Bisa Menyehatkan Jiwa dan Raga

Sunforthotel.com – Sebuah studi yang dilakukan oleh Institute of Neuroscience and Human Behaviour (INHB) telah menyimpulkan bahwa pengendara sepeda motor berkurang stresnya dan lebih puas daripada rekan-rekan roda empat mereka.

Dilansir dari Visordown, studi ini awalnya mulai mencoba mencari tahu apakah pengendara sepeda motor terus-menerus mengendarai karena takut terlibat dalam kecelakaan, tetapi secara tidak sengaja membuktikan sebaliknya!

Read More

Hasilnya berpusat di sekitar hormon tertentu yang disebut kortisol yang dilepaskan di otak ketika kita menjadi cemas.

Para ilmuwan menemukan bahwa pengendara sepeda motor akan menghasilkan kortisol 28% lebih sedikit selama pengujian daripada pengemudi di jalur yang sama.

Baca Juga:
Pandemi Covid-19 Bikin Kesadaran K3 Pemberi Kerja Untuk Melindungi Pekerja Meningkat

Penelitian ini dilakukan oleh INHB secara terkontrol, dengan 50 pengendara sepeda motor dan 50 pengemudi mobil berjalan di sekitar jalur tertutup selama 20 menit.

Selama waktu ini, tim mengukur detak jantung, kortisol, dan tingkat adrenalin pengguna. Aktivitas otak pengguna dan di sinilah hasil yang paling menarik berasal.

Ilustrasi touring motor (Dok. Astra Motor Yogyakarta)

Hasilnya menemukan bahwa ketika naik, subjek mengalami peningkatan fokus sensorik dan ketahanan terhadap gangguan.

Motoran juga menghasilkan peningkatan kadar adrenalin dan detak jantung, dan penurunan kadar kortisol, jenis hasil yang sering Anda dapatkan setelah sesi latihan ringan, yang juga merupakan peredam stres.

Apakah sepeda motor juga membawa manfaat untuk kesehatan fisik?

Baca Juga:
7 Manfaat Buah Pir bagi Kesehatan, Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berita mengenai kesejahteraan mental pengendara sepeda motor berjalan seiring dengan sebuah penelitian yang menemukan bahwa mengendarai sepeda motor dapat membakar di mana saja antara 170-600 kalori per jam. Hal ini bisa setara dengan yang biasa orang lakukan untuk membakar kalori dalam satu jam di gym.



#Ilmuwan #Mengungkap #bahwa #Touring #atau #Berkendara #dengan #Motor #Bisa #Menyehatkan #Jiwa #dan #Raga

Sumber : www.suara.com

Related posts