Cara Rawat Motor yang Gunakan Fitur Power Charger agar Tak Mudah Rusak, Enggak Perlu Ribet Kok!

Cara Rawat Motor yang Gunakan Fitur Power Charger agar Tak Mudah Rusak, Enggak Perlu Ribet Kok!

Sunforthotel.com – Motor zaman now memang sudah dilengkapi beberapa fitur canggih dan kekinian yang menunjang aktivitas para pemotor. Salah satu fitur canggih yang sering dijumpai pada motor zaman now yakni power charger.

Fitur ini berfungsi sebagai pengisian daya ponsel sehingga pemotor tak perlu cemas lagi kehabisan baterai HP. Hanya dengan modal kabel charger, pemotor bisa nge-charge sambil motoran.

Read More

Namun pastinya belum banyak yang tahu, bagaimana cara merawat motor dengan fitur power charger ini agar tidak mudah rusak.

Dilansir dari Honda Istimewa, Technical Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta Danang Priyo Kumoro membagikan beberapa tips mengenai penggunaan dan perawatan motor dengan fitur power charger.

Baca Juga:
NgabubuTips: Mudik Gunakan Motor? Perhatikan 3 Hal Penting Ini agar Aman dan Selamat Sampai Tujuan

“Pada umumnya komponen-komponen listrik memang rentan terhadap air, namun fitur power charger pada sepeda motor Honda telah didesain sedemikian rupa sehingga aman dari cipratan air ketika hujan serta semprotan ketika sedang dicuci,” ungkap Danang Priyo Kumoro.

Ilustrasi pengisian daya ponsel

Pada generasi terbaru, fitur power charger pada motor Honda telah menggunakan socket jenis USB type A dan dilindungi oleh dua lapisan sebagai pengaman.

Lapisan pertama yaitu lapisan karet berfungsi untuk menutupi tegangan arus listrik di dalam dan yang kedua penutup pada lapisan luar yang menyatu dengan bodi motor sekaligus membuat keberadaan fitur ini tidak mengganggu penampilan motor. Bagian bawah penutup juga dilengkapi jalur pembuangan air sehingga tidak akan ada air yang menggenang.

“Adanya fitur power charger pada sepeda motor Honda tidak akan mempengaruhi performa baterai (aki), proses pengisian daya handphone akan tetap aman apabila dilakukan selama motor dalam kondisi nyala,”. kata Danang.

Selama proses pengisian daya dilakukan ketika mesin motor nyala atau motor dalam kondisi jalan, performa baterai akan tetap baik-baik saja.

Baca Juga:
NgabubuTips: Jangan Asal Pakai Kacamata Hitam saat Kendarai Motor, Perhatikan 5 Hal Penting Ini

Akan tetapi, jika pengendara terus melakukan pengisian daya ketika motor dalam kondisi mati akan membuat performa baterai menurun. Agar performa baterai tetap optimal pengendara disarankan untuk secara rutin menggunakan motornya.

Demi menjamin kemanan, pengendara direkomendasikan untuk menjaga kebersihan sekaligus tidak menaruh barang-barang di console box tempat socket power charger berada.

Hal ini agar jalur keluar air tidak tertutup oleh kotoran atau barang lainnnya. Selain itu, disarankan pengendara untuk mematikan handphone saat melakukan pengisian daya untuk menghindari peningkatan suhu khususnya di tengah terik matahari.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Cara #Rawat #Motor #yang #Gunakan #Fitur #Power #Charger #agar #Tak #Mudah #Rusak #Enggak #Perlu #Ribet #Kok

Sumber : www.suara.com

Related posts