Begini Cara Merawat Rantai Motor Sekalian Ngabuburit, Pahami 10 Langkahnya

Begini Cara Merawat Rantai Motor Sekalian Ngabuburit, Pahami 10 Langkahnya

Sunforthotel.com – Rantai pada sepeda motor Anda memainkan peran penting, yang mana rantai ini berfungsi untuk mentransfer tenaga dari mesin ke roda belakang kendaraan Anda. Jika gagal berfungsi karena kurangnya perawatan, maka rantai akan cepat rusak dan motor Anda pun tidak dapat berjalan. Lantas, bagaimana cara merawat rantai motor?

Diketahui, setiap tautan individu rantai motor terdiri dari pelat, semak, dan rol. Rantai sepeda motor rata-rata memiliki lebih dari 100 tautan dan banyak sekali bagian yang bergerak.

Read More

Selama perjalanan, kotoran, debu, dan puing-puing jalan umum akan ditendang di dalam dan di sekitar rantai. Saat kecepatan roda Anda meningkat, debu atau kotoran di jalanan ini dapat mengganggu berbagai komponen hingga menjadi aus.

Jika rantai tidak dirawat dengan baik, maka dapat menyebabkan keausan berlebihan pada sproket dan perlu menggantinya. Jika tidak, rantai yang aus dapat mematahkan atau melompati sproket. Oleh karena itu, perlu melakukan perawatan dengan benar. Adapun cara merawat rantai motor yakni sebagai berikut.

Baca Juga:
Biar Tak Keliru, Simak Pengertian dan Sederet Hal yang Perlu Diketahui tentang Pajak Progresif

Cara Merawat Rantai Motor

Ilustrasi rantai motor. (pixabay.com)

1. Coba dudukan ke sempaing sepeda motor Anda, itu dilakukan untuk melihat apakah rantai motor Anda perlu dikencangkan atau hanya dibersihkan dan dilumasi. Putaran vertikal sekitar 1,5 inci umumnya berarti rantai baik-baik saja, lebih dari itu dan perlu dikencangkan.

2. Lepaskan roda belakang dari lantai dengan menggunakan dudukan utama, dudukan paddock, atau roller roda.

3. Putar roda belakang dengan tangan, lalu coba periksa bagian bawah rantai apakah tegangan untuk titik-titiknya kencang atau tidak.

4. Jika rantai perlu dikencangkan, kendurkan baut gandar belakang. Lalu gunakan penyetel untuki menggerakkan roda ke belakang sedikit demi sedikit hingga rantai memiliki tegangan yang benar. 

Baca Juga:
Butuh Tunggangan Keren sebelum Lebaran? Simak Harga Honda CRF 150 Baru dan Bekas

5. Sebelum Anda mulai membersihkan rantai Anda, siapkan semua yang Anda perlukan seperti agen degreasing, sikat rantai, lap kering, pelumas rantai, dan beberapa koran bekas untuk ditempatkan di bawah rantai.

6. Putar roda dengan tangan dan rendam rantai dalam degreaser. Gunakan sikat rantai untuk mengerjakan cairan di antara tautan. Diamkan setidaknya 10 menit untuk memastikan degreaser bekerja dengan baik.

7. Setelah itu, bilas semua grunge dari rantai dan keringkan secara menyeluruh dengan kain.  

8. Setelah semua kotoran terlepas dari mata rantai, semprotkan pelumas khusus rantai sepeda motor Anda di baris bawah rantai. Bidik bagian belakang mata rantai sambil memutar roda secara perlahan. 

9. Periksa kembali semuanya. Jika Anda telah menyetel rantai, pastikan semua mur dan baut dikencangkan dengan benar dan roda disejajarkan dengan benar dan berjalan dengan benar. Anda juga harus menghentikan rantai secara berkala untuk memeriksa titik-titik yang sempit.

10. Tergantung pada pelumas rantai yang Anda gunakan, Anda mungkin harus membiarkannya selama 30 menit atau lebih untuk menyetelnya. 

Demikian informasi mengenai cara merawat rantai motor yang dilansir dari situs Old News Club. Semoga informasi ini bermanfaat.



#Begini #Cara #Merawat #Rantai #Motor #Sekalian #Ngabuburit #Pahami #Langkahnya

Sumber : www.suara.com

Related posts